Jumlah Paparan Halaman

9/08/12

e TERNAK : Serangga Makanan Walit


Cara Mudah Menyediakan Makanan Walit
Cara mudah menyediakan makanan tambahan didalam rumah walit boleh dilakukan dengan melonggokkan jerami kemudian membasahkannya dengan air.
Jerami yang telah membusuk akan menghasilkan kutu-kutu kecil yang merupakan salah satu makanan kesukaan burung walet.

Selain jerami banyak juga penternak burung walit mengunakan ubi kayu yang ditebar disudut nesting room. Sebulan kemudian ubi kayu akan muncul kutu.
Drosophila
Penempatan kulit buah, khususnya buah-buahan nenas juga efektif mengundang serangga terbang dalam rumah walit.

Pelbagai cara dilakukan penternak walit demi kemajuan rumah walit dari berbagai cara tersebut diatas, usahawan walit juga tidak berrasa rugi untuk berbelanja lebih dengan membeli serbuk penumbuh serangga yang cukup mahal harganya perkilo.

Disini sedikit info ingin dikongsikan bersama bagaimana caranya membuat / mengkultur serangga terbang (lalat buah) yang dalam bahasa latin dikenali dengan nama Drosophila, dengan hasil yang tidak kurang hebatnya dengan serbuk penumbuh serangga yang beredar dipasaran.

Drosophila melanogaster merupakan jenis lalat buah, dimasukkan ke dalam filum artropoda kelas insekta bangsa Diptera, anak bangsa Cyclophorpha (kumpulan lalat yang pupanya terdapat kulit instar 3, mempunyai jaw hooks), siri Acaliptrata (imago menetas dengan keluar dari bahagian anterior pupa), suku Drosophilidae, jenis Drosophila melanogaster di Indonesia terdapat sekitar 600 jenis, pulau Jawa sekitar 120 jenis dari suku drosophilidae.


Bahan - bahan yang diperlukan:
- Agar-agar
- Pisang ambon 1 kg
- Ragi roti / fermipan /muripan
- Air

Cara membuat :
Dengan mengunakan dapur, rebus 700 Ml air hingga mendidih, dan masukkan 1 bungkus agar-agar (7 Gr), aduk hingga rata.
Pisang ambon sebanyak 1 kg dihaluskan dengan blender, kemudian dicampukan ke air rebusan agar - agar. Masak kembali kedua-dua bahan tersebut hingga masak.
Setelah masak, angkat dari dapur masak, biarkan sejuk beberapa saat.
Setelah sedikit sejuk tuangkan ke dalam bekas / baldi penampungan dengan tinggi minima 30 cm.
Tambah 3 - 5 butir ragi roti / fermipan sebagai anti kulat.

kepompong
Kepompong
Letakkanlah bekas / baldi tersebut diluar rumah walit (jangan terkena cahaya matahari dan hujan), kerana selama masa proses pembusukkan akan mengeluarkan bau yang cukup memualkan. Setelah 14 hari mulai muncul kepompong yang melekat di dinding ember, masukkanlah ke dalam rumah walet dan tempatkan di roving area

Magic Powder Tepung Serangga Walet
Pakan Walet – MAGIC POWDER CAP “WALET MAS” adalah serbuk penumbuh serangga pakan walet yang dibuat dari 100% bahan alami dengan pertumbuhan spesies serangga yang terkontrol, sehingga aman bagi manusia dan lingkungan.
MAGIC POWDER “Walet Mas” menjamin ketersediaan pakan tanpa mengenal musim. Serangga yang dihasilkan dari ordo Diptera, famili Drosophillidae, genus Drosophilla, yang merupakan serangga berukuran kecil bertubuh lunak sehingga sangat sesuai dengan kondisi alat pencernaan walet. Standar kualitas pakan yang prima dengan kandungan protein yang tinggi (57%), sehingga akan meningkatkan produktifitas(jumlah dan kualitas sarang burung) dan meningkatkan populasi burung walet. Efektif untuk memancing burung walet ke rumah baru yang belum pernah dihuni burung walet.
Aplikasi pemakaian yang mudah, serangga yang dihasilkan terkumpul di dalam ruangan dan mudah di makan oleh anak walet yang baru bisa terbang atau burung yang sakit.

Produksi Serangga Makanan Walet Perlukah Serangga Untuk Makanan Walet ?

Banyak pengusaha sarang burung walet yang memperoleh hasil panen tidak sesuai dengan harapan. Salah satu sebab karena serangga yang menjadi makanan utama walet yang diperoleh di alam semakin sulit dan jauh jaraknya.
Berbagai produk makanan yang dapat menghasilkan serangga dalam rumah walet dapat menunjang kebutuhan pakan namun tidak efektif atau terbentuknya serangga sangat minim.

Apa Saja Faktor Sehingga Serangga Makanan Burung Walet Semakin Berkurang ?

- Faktor musim kemarau yang berkepanjangan
- Banyak kerusakan hutan
- Penggunaan pestisida yang berlebihan
- Berubahnya sawah/ladang menjadi lahan industri

Apa Akibat Berkurangnya Serangga Makanan Burung Walet ?

- Banyak burung walet mati kelaparan
- Menurunnya daya tahan tubuh burung walet terhadap benturan cuaca buruk (terjebak hujan) pada saat mencari makan
- Migrasi mencari lahan baru yang masih subur

Dapatkah Kita Memproduksi Serangga Alami Sebagai Makanan Burung Walet ?

Serangga alami sebagai makanan burung walet dapat diternakkan dengan perlakuan tertentu, baik tempat berkembang biak maupun makanannya.

Serangga Air Vertu





2 ulasan:

  1. Saya tertarik dengan produk 'Magic Powder Tepung Serangga Walet', dan saya telah membeli 2 kaleng sekaligus. Yang mau saya tanyakan apakah perlu ditambahkan bibit serangga dalam paletnya itu pak?
    Untuk bibit serangganya apakah sudah ada di dalam kaleng tersebut?
    Terima Kasih.

    BalasPadam
  2. Dan apabila adonannya ditaruh di dalam gedung, apakah serangga bisa bertelur?
    Terima Kasih

    BalasPadam